Friday, January 10, 2014

down syndrome

Tanya:
Mbak, kakak saya baru saja memiliki anak down sindrom, usianya sekarang 4 bulan. Pertanyaan saya, bagaimana menjelaskan ke kakak si anak, tentang kondisi adiknya (kakaknya sekarang SD kelas 1). Sejauh ini sih kakaknya sayang sama adiknya. Namun ke depan tentunya akan semakin tampak perbedaan si adik dengan anak yang lain. Lalu bagaimana kakak saya menjelaskan tentang hal ini kepada keluarga besar suaminya, karena sepertinya mereka belum bisa menerima sepenuhnya.
Terimakasih, Lee

Jawab
Lee yang baik,
Down syndrome adalah kondisi yang disebabkan oleh kelainan kromosom sejak bayi dalam kandungan. Karenanya anak yang terlahir dengan kondisi down syndrome akan berbeda dengan temannya, sepanjang hidupnya. Meskipun begitu kondisi setiap anak berbeda, sehingga orang dewasa perlu untuk mengupayakan agar anak mencapai kemampun terbaik yang bisa dicapainya. Kesiapan orang dewasa terutama orang tua dan lingkungan terdekatnya sangat penting, karena lingkungan luar seringkali memberikan respon yang kurang tepat dan kurang nyaman bagi anak.

Anak-anak biasanya memiliki toleransi perbedaan yang lebih baik dari orang dewasa. Orang dewasa mungkin akan mengerutkan kening saat melihat bayi Down sindrom, tapi anak-anak tidak. Oleh sebab itu, untuk menjelaskan ke kakak, anda bisa mengajak keponakan anda menonton film atau membaca buku yang didalamnya memuat informasi tentang Down syndrome. Sampaikan bahwa adiknya memiliki perbedaan dengan anak lain, mungkin nanti kemampuan belajar, bicara, bermain, akan lebih lama dari teman-temannya. karena itu adik perlu ditemani dengan lebih banyak rasa sayang, lebih sabar,supaya hatinya senang dan bisa belajar dengan baik. Adik akan sedih kalau diejek atau diolok-olok karena dia berbeda, jadi  kita bisa menjaga perasaannya dengan menerima adik apa adanya.

Menghadapi keluarga besar memang tidak mudah, apalagi komentar yang muncul bisa menyakitkan perasaan. Oleh karenanya kakak anda perlu mengupayakan untuk menerima kondisi buah hatinya dengan ikhlas, sehingga tidak mudah tersinggung dengan apapn yang dikatakan orang lain. Kakak anda bisa menjelaska tentang kondisi si kecl, dan mohon dukungan agar bisa terus bersemangat mendampingi si kecil mencapai kemampuan terbaiknya.

Demikian Lee, semoga bermanfaat. Salam untuk kakak anda sekeluarga.

Dapatkan kompilasi tanya jawab seputar anak yang pernah dimuat di Harian Jogja, dalam Buku “Kenapa anak saya begini, apa yang harus saya lakukan” di ECCD RC, Jl. DI Panjaitan 70 telp.373709

Labels:

MySpace Layouts

MySpace Layouts

0 Comments:

Post a Comment

<< Home