Thursday, May 24, 2007

Memilih sekolah yang tepat untuk anak usia dini

Materi siaran radio Sonora, mei 2007


Pendidikan anak usia dini, merupakan salah satu modal penting untuk kemajuan dan kehidupan anak di masa mendatang. Saat si kecil sudah mulai memasuki masa sekolah, sebagian orang tua menjadi sibuk mencari sekolah yang tepat untuk anaknya. Lalu sekolah seperti apa yang harus dipilih? Dan bagaimana cara memilihnya?
Sebetulnya kunci dari pemilihan sekolah adalah ketepatan antara kebutuhan anak dengan apa yang diprogramkan pihak sekolah. Berikut ini beberapa langkah yang bisa ditempuh oleh orang tua untuk memilih sekolah yang tepat untuk anak.
Apa yang harus dilakukan?
Kumpulkan informasi sebanyak banyaknya
Informasi bisa didapat dari berbagai cara, misalnya brosur dari sekolah, info dari teman/tetangga, atau wawancara dengan pihak sekolah. Dalam mengumpulkan berbagai info tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
visi dan misi
lazimnya sekolah memiliki visi misi yang menjadi dasar bagi segala hal yang berlaku di sekolah tersebut. Pastikan visi dan misi sekolah sesuai dengan sudut pandang anda dalam pendidikan anak
metode/pendekatan
apakah metode yang digunakan menyenangkan bagi anak? Mungkin sekolah memiliki metode unggulan, dapatkan penjelasan mengenai hal tersebut
fasilitas
fasilitas bisa berupa sarana fisik (misalnya play ground, ruangan, dll) bisa juga berupa sarana non fisik (misalnya parent meeting, field trip, dll)
rasio guru:murid
semakin muda usia anak, semakin banyak perhatian yang dibutuhkan. Apakah sekolah memiliki batasan yang tegas untuk jumlah anak dalam satu kelas?
program untuk orang tua
apakah sekolah mengadakan pertemuan orang tua secara rutin? Apakah ada pengayaan untuk orang tua, atau bagaimana orang tua bisa berdiskusi dengan guru bila ada hal-hal yang ingin disampaikan mengenai anak?
jarak
Bila Anda bekerja dari pagi hingga petang, pertimbangkan pula jarak sekolah tsb ke rumah orang tua atau saudara, sehingga jika terjadi hal yang mengkhawatirkan,mereka bisa secara cepat menggantikan Anda mendatangi sekolah anak
biaya
tidak selalu sekolah yang mahal pasti mutunya bagus. Yang penting, biaya yang ditetapkan pihak sekolah sesuai dengan kantong anda. Tidak adil bagi anak jika nanti harus tiba-tiba pindah karena orang tua tidak mampu membayar biaya sekolah
waktu sekolah
berapa lama anak bersekolah, apakah full day atau hanya beberapa jam. Perhatikan pula jadwal harian atau kegiatan di sekolah tersebut.

observasi langsung
observasi penting untuk mendapatkan gambaran kondisi nyata sekolah. Upayakan untuk datang di hari sekolah aktif, sehingga anda bisa melihat aktivitas sekolah sehari-hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat observasi:
penataan lingkungan
apakah setting area dan ruangan di sekolah cukup ramah bagi anak? Bagaimana standar keamanan yang diberlakukan
kesesuaian dengan media promo
samakah apa yang ditulis di brosur dengan kenyataan yang sesungguhnya
kegiatan yang berjalan
bagaimana suasana kegiatan berlangsung? Apakah kegiatan yang dilakukan tampak menyenangkan bagi anak? Bagaimana hasil karya anak di display?
interaksi guru dan murid
perhatikan bagaimana guru dan murid berkomunikasi, apakah guru tampak menghargai anak sebagai individu yang utuh?


tentukan prioritas pilihan
jika sudah mendapatkan gambaran, langkah berikutnya adalah memperpendek daftar nominasi sekolah yang akan dimasuki. Pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan anak dan kemampuan orang tua.


libatkan anak
karena yang akan bersekolah adalah anak dan bukannya orang tua, maka anak juga perlu dilibatkan sebelum kita memutuskan untuk mendaftarkan anak di sekolah tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan:
lihat respon anak
ajak anak melihat situasi sekolah (lebih baik lagi saat ada kegiatan) lihat bagaimana respon anak anda. Apakah anak tampak antusias atau justeru takut dan ingin cepat pulang

harapan dan keinginan anak
tanyakan pada anak, apa yang dia imajinasikan tentang sekolah, sekolah seperti apa yang ia impikan.


tips n tricks
pahami kebutuhan anak
gunakan semua fasilitas : brosur, open house, trial, dll
antisipasi kemungkinan2
sekolan anak bukan ajang persaingan/gengsi
jadi anggota yang aktif

MySpace Layouts

MySpace Layouts

0 Comments:

Post a Comment

<< Home